FGD Mitra Perguruan Tinggi 2024

Sustainable Construction dan 17 SDGs: Strategi Baru dari FGD Teknik Sipil UPNVJT bersama Mitra Perguruan Tinggi

Surabaya, 8 Agustus 2024 – Program Studi Teknik Sipil Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur (UPNVJT) mengadakan Focus Group Discussion (FGD) bersama mitra Perguruan Tinggi (PT) di Hotel Mercure Grand Mirama, Surabaya. Acara ini bertujuan memperkuat kerjasama untuk memenuhi kebutuhan kompetensi lulusan melalui kolaborasi di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

FGD ini menjadi wadah bagi para mitra PT untuk berbagi pandangan dan merumuskan strategi kolaborasi yang efektif. Salah satu tujuan utama adalah merancang program capstone design yang mengintegrasikan konsep sustainable construction. Program ini melibatkan dosen dan mahasiswa dalam mengembangkan proyek berkelanjutan yang selaras dengan pencapaian 17 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (17 SDGs).

Kegiatan yang berlangsung pada hari Selasa, 4 Juni 2024, dihadiri oleh berbagai mitra perguruan tinggi negeri (PTN) dan perguruan tinggi swasta (PTS) yang hadir secara offline maupun online. Partisipasi aktif ini menunjukkan komitmen yang tinggi dari berbagai pihak untuk berkontribusi dan turut serta dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian di bidang teknik sipil.

Diskusi ini menghadirkan tiga narasumber terkemuka yang menyampaikan materi dengan topik-topik yang menarik. Prof. Hsieh-Lung Hsu (National Central University, Taiwan) memberikan paparannya secara online, sementara Prof. Widjojo A. Prakoso, Ph. D. (Universitas Indonesia) dan Dr. Aksan Kawanda, S.T., M.T. (Universitas Trisakti) hadir secara langsung. Para narasumber ini berbagi wawasan dan pengalaman menarik dalam mengembangkan kurikulum dan proyek-proyek yang mampu menjawab tantangan masa depan, khususnya dalam konteks pembangunan berkelanjutan.

Diskusi dalam FGD ini juga menekankan pentingnya mengintegrasikan nilai-nilai 17 SDGs dalam setiap aspek pendidikan dan penelitian di perguruan tinggi dan membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk mencapai SDGs. Dengan mengintegrasikan nilai-nilai SDGs ke dalam mata kuliah dan proyek penelitian, diharapkan lulusan dapat berkontribusi secara aktif dalam pembangunan berkelanjutan.

Dengan adanya FGD ini, Program Studi Teknik Sipil UPNVJT berkomitmen untuk berupaya melahirkan program-program inovatif dan kolaboratif yang mampu memperkuat kompetensi lulusan serta memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat dan lingkungan. Kolaborasi erat antar perguruan tinggi menjadi kunci sukses dalam menciptakan pendidikan yang berkualitas dan berkelanjutan serta selaras dengan 17 SDGs.