Apprenticeship Dosen di RSUD Surabaya Timur

Kegiatan Apprenticeship Dosen di Proyek RSUD Surabaya Timur: Implementasi Building Information Modelling (BIM) dan Pembangunan Berkelanjutan

Surabaya, 11 Agustus 2024 – Proyek pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Surabaya Timur merupakan contoh unggul dalam penerapan prinsip pembangunan berkelanjutan. Proyek ini telah menerapkan implementasi Building Information Modelling (BIM) dan konsep-konsep pembangunan berkelanjutan. Building Information Modelling (BIM) merupakan teknologi inovatif yang digunakan dalam perancangan dan manajemen proyek konstruksi. Di RSUD Surabaya Timur, BIM diterapkan untuk menciptakan model digital yang detail dari seluruh fasilitas, memungkinkan perencanaan yang lebih akurat, efisiensi dalam pengelolaan proyek, dan identifikasi awal terhadap potensi masalah konstruksi. Maka, dapat dikatakan bahwa penggunaan teknologi BIM dalam suatu proyek konstruksi dapat digunakan untuk merancang secara presisi dan mengoptimalkan setiap fase pembangunan.

Program Magang Dosen: Sinergi Pendidikan dan Praktik

Sebagai bagian dari upaya untuk memperkuat hubungan antara dunia akademik dan industri, Program Studi Teknik Sipil UPN Veteran Jawa Timur mengirim 5 dosennya untuk mengikti program magang di proyek pembangunan RSUD Surabaya Timur selama 16 hari. Para dosen ini antara lain Dr. Yerry Kahaditu Firmansyah ST., MT., A.md HATTI; Bagas Aryaseta, S.T., M.S.; Aulia Dewi Fatikasari S.T., M.T., Himatul Farichah, S.T., M.Sc.; dan Nia Dwi Puspitasari, S.T., M.T. Para dosen tidak hanya menyaksikan proses pembangunan, tetapi juga berkontribusi dengan pengetahuan mereka tentang teori dan praktik terbaru dalam bidang teknik sipil khususnya dalam penerapan teknologi BIM.

Masa Depan Pembangunan Berkelanjutan

Proyek RSUD Surabaya Timur bukan hanya sebuah pembangunan fisik tetapi juga sebuah langkah menuju masa depan yang lebih berkelanjutan dan terhubung secara digital. Dengan menggabungkan prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan dan teknologi BIM, proyek ini menetapkan standar baru untuk suatu proyek konstruksi di Indonesia.